Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Histology adalah ilmu tentang jaringan. Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai asal, struktur, dan fungsi yang sama
     1.      Meristem
Terdiri atas ekelompok sel yang tetap dalam fase pembelahan.
Berdasarkan posisinya dalam tumbuhan, meristem di bedakan menjadi meristem apical terdapat pada ujung batang dan ujung akar), meristem interkalar (pada pangkal ruas tumbuhan family rumput), meristem lateral (terletak sejajar dengan permukaan organ ditemukannya yaitu cambium gabus).
Berdasarkan asal usulnya meristem dikelompokkan menjadi meristem primer (sel-selnya berkembang langsung dari sel-sel embrionik), meristem sekunder (sel-selnya berkembang dari jaringan dewasa yang sudah mengalami diferensiasi)
      2.     Jaringan dewasa
Jaringan yang sudah mengalami diferensiasi
a.       Jaringan pelindung (epidermis)
b.      Jaringan dasar (parenkim)
c.       Jaringan penyokong
Merupakan jaringan yang menguatkan tumbuhan. Berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi :
a)      Jaringan kolenkim, terdiri atas sel-sel hidup yang bagian sudut dindingnya mengalami penebalan selulosa. membantu mengokohkan bagian tumbuhan yang masih muda
b)      Jaringan sklerenkim, tersusun atas sel-sel mati yang seluruh bagian dindingnya mengalami penebalan. Jaringan sklerenkim terdiri atas serabut (serat-serat sklerenkim) dan sklereid (sel-sel batu).
 d.      Jaringan pengangkut
Pada tumbuhan tingkat tinggi terdiri atas xylem dan floem. Xylem terdiri atas trakea, trakeid, serta unsur-unsur lain seperti serabut xylem dan parenkim xylem. Sedangkan floem terdiri atas pembuluh tapis, unsur tapis, sel pengiring, parenkim floem, dan serabut floem.
 Tipe-tipe berkas pengankut
Berdasarkan posisi xylem dan floem dibedakan atas :
a)        Tipe kolateral
·      Kolateral terbuka, jika diantara xylem dan floem terdapat cambium
·      Kolateral tertutup, jikaq antara xylem dan floem tidak dijumpai kambium
b)        Tipe konsentris
·      Konsentris amfikibral, apabila xylem berada ditengah dan floem mengelilingi xylem
·      Konsentris amfivasal, apabila floem ada ditengah dan xylem mengelilingi floem
c)        Tipe radial, xlem dan floem letaknya bergantian menurut jari-jari lingkaran
e.       Jaringan sekretori
Disebut juga kelenjar internal karena senywa yang dihasilkan tidak keluar dari tubuh. Penyusun jaringan sekretori adalah :
a)        Sel kelenjar, sel minyak dalam endosperma biji jarak
b)        Saluran kelenjar, saluran kelenjar pada daun jeruk, senyawa yang dihasilkan ditimbun dalam ruangan penyimpan, misalnya minyak atsiri, lender, dan damar 
c)    Saluran getah, sel-sel yang mengalami fusi membentuk suatu system jaringan yang menembus jaringan-jaringan lain dalam tubuh. Sel tersebut berisi getah.

One Comment

Back to Top